Kamis, 05 Mei 2016

10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal

Selamat datang di halaman blog siteinfokesehatan.blogspot.co.id , tempat kumpulan informasi-informasi kesehatan terkini dan terupdate sepanjang hari.Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kepada anda cara bagaimana untuk merawat dan mencegah agar tidak terkena penyakit ginjal,tentunya cara ini sangat penting untuk dilakukan oleh kita agar ginjal tetap sehat dan tidak terkena penyakit.Lantas apa saja tips-tips untuk mencegah terkena penyakit ginjal ini ? simak ulasannya berikut ini.,-10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal

10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal


10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal

10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal,-Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi manusia,dan bisa dibilang sebagai penyeimbang bagi tubuh,karena menjadi salah satu organ penting tentunya ginjal ini sangat rentan akan terkena penyakit baik itu penyakit yang bersifat kronis,non kronis maupun degetatif.Tentunya hal ini harus bisa menjadi perhatian yang sangat serius oleh kita untuk bisa senantiasa merawat organ ginjal ini dengan baik.Dan berikut ini ada 10 langkah mudah yang bisa kita lakukan setiap harinya untuk merawat ginjal agar terhindar dari berbagai penyakit :

  • Memagajemen Diabetes,Tekanan Darah Tinggi Dan Penyakit Jantung Dengan Baik
Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

  • Mengurangi Asupan Garam
Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

  • Minum Banyak Air Setiap Hari (8 Gelas/Hari)
Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

  • Jangan Menahan Buang Bir Kecil
Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

  • Makan Dengan Benar Dan Teratur
Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

  • Minum-Minuman Yang Sehat
Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau  teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.Jika Anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda pasti bisa minum air kelapa.

Baca Juga Informasi Terkait Lainnya : Pengobatan Untuk Sembuhkan Glomerulonephritis

  • Hindari Minuman Beralkohol Dan Jangan Merokok
Kelebihan asupan alk*hol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Mer*kok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

  • Olahraga Dengan Rutin
Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait.

  • Hindari Mengkonsumsi Obat Tanpa Saran Dari Medis
Apapun jenis obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah mengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri.

  • Hati-Hati Mengkonsumsi Suplemen Dan Obat-Obatan Herbal Atau Jamu
Jika Anda mengambil suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda. Berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengambil suplemen dan jamu.

Cukup mudah bukan sobat kesehatan langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk merawat dan mencegah ginjal terserang penyakit ? walaupun memang akan terasa sangat berat dan cukup sulit di lakukan namun hasil dan juga manfaatnya akan begitu sangat terasa pada kesehatan kita tentunya.Karena berdasarkan kata pepatah juga "Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati" jadi mau seberat dan sesulit apapun itu demi kesehatan diri harus diusahakan secara maksimal.,-10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal

Terimakasih Atas Kunjungannya,Semoga Informasi Ini Bermanfaat Untuk Kita Semua

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya :
Suplemen Antioksidan Herbal Terbaik Untuk Kecantikan
Cara Paling Jitu Menyembuhkan Asma Secara Total

Post By Site Info Kesehatan

10 Langkah Mudah Mencegah Terkena Penyakit Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar