Jumat, 20 Mei 2016

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

Selamat datang di halaman blog resmi siteinfokesehatan.blogspot.co.id , tempat kumpulan informasi mengenai kesehatan terkini ,terbaru dan terupdate.Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi yang sangat penting dan menarik yakni menegai 10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal.Penasaran apa saja makanan tersebut ? simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal


10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal,-Bagi penderita penyakit ginjal khususnya penderita penyakit gagal ginjal memilih dan memilah makanan yang akan dimakan memang menjadi suatu keharusan bahkan keawajiban.Hal ini karena bagi penderita gagal ginjal sangat sensitisf sekali terhadap makanan yang akan dikonsumsinya.Namun meskipun demikian bukan berarrti tiak boleh memakan makanan yang enak dan lezat akan tetapi harus di kesampingkan dulu demi penyembuhan yang efektif.Dan anda juga tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberpa makanan sehat yang bisa di konsumsi bagi penderita gagal ginjal sekaligus sebagai terapi pengobatan :

  • Buah Apel
Buah apel selain terkenal untuk diet, mencegah serangan jantung, dan mencegah kanker, ternyata juga baik untuk ginjal. Apel juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Disarankan untuk mengkonsumsi apel dengan jumlah setengahnya dari satu buah apel. Karena apel juga mengandung banyak air yang tentu dibatasi untuk masuk ke dalam tubuh penderita penyakit ginjal. Apel dapat membantu keluarkan racun dan membersihkan ginjal. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahap kronis lebih baik jauhi mengkonsumsi buah ini.

  • Buah Ceri
Cherry juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Buah ini sangat baik mencegah antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi.Para penderita penyakit ginjal disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein dan buah cherry tidak memiliki banyak portein. Mengkonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.Selain ceri, ternyata buah yang termasuk keluarga beri ini cukup ampuh untuk dimakanan para penderita ginjal. Untuk itu sangat penting jika anda hobi makan buah buahan untuk mengkonsumsi jenis buah ceri ini.

  • Bawang Putih
Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan. Disarankan untuk memakannya mentah – mentah.

  • Buah Keluarga Barries
Penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain. Buah dari keluarga barries mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi di mana sangat ramah bagi organ ginjal. Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih.

  • Ikan
Penderita penyakit ginjal juga tidak boleh mengkonsumsi banyak protein. Maka dari itu daging – dagingan seperti daging merah, atam, udang, dan lainnya dilarang untuk dikonsumsi. Namun daging ikan yang kaya akan omega-3 masih dapat dikonsumsi sebab dapat mengurangi peradagan. Daging ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, ikan mackarel, dan ikan tuna.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Cara Paling Jitu Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

  • Kubis/Labu
Kubis atau labu juga menjadi makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal. Kubis mengandung banyak vitamin dan dapat menjadi karbohidrat yang baik. Kubis memiliki manfaat sebagai peningkat fungsi ginjal dan membuat ginjal menjadi lebih sehat. Karena penderita penyakit ginjal lebih baik menghindari nasi, ubi, kentang, gandum, maka kubis dapat menjadi karbohidrat pengganti.

  • Yoghurt
Penderita penyakit ginjal sangat dibatasi asupan mineral dalam tubuhnya. Dan semua asupan mineral tergantung pada kondisi ginjal sang penderita termasuk mineral dari makanan maupun minuman. Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Tetapi tentu harus perlu diperhatikan takarannya.

  • Paprika Merah
Para ahli ksehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari – hari. Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan jga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita. Paprika merah tidak begitu banyak mengandung kalium seperti parika waarna lainnya. Sayuran ini juga mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C.

  • Minyak Zaitun
Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini.

  • Aneka Rempah – Rempah
Tidak nikmat rasanya bila menyantap makanan tanpa rempah – rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah – rempah. Khususnya jahe, kunyit, dan ketumbar. Di mana ketiga rempah – rempah tersebut memiliki fungsi memurnian darah, membersihkan ginjal, dan menjaga kesehatan ginjal.

Nah sobat kesehatan itulah beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal terutama penyakit gagal ginjal,mesekipun memang mungkin makanan-makanan diatas tidak terlalu anda sukai tetapi setidaknya makanan tersebut juga bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit gagal ginjal yang sedang anda derita secara efektif dan tanpa menimbulkan efeksamping apapun.,-10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal


10 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar