Rabu, 18 Mei 2016

17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma

Selamat datanng di halaman blog resmi siteinfokesehatan.blogspot.co.id , tempat kumpulan informasi mengenai kesehatanterkini ,terbaru dan terupdate.Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi yang sangat penting dan menarik yakni 17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma.Penasaran apa saja tips itu ? baca ulasan selengkapnya berikut ini.

17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma


Kelainan mata glaukoma ini merupakan salah satu penyebab utama terbesar kebutaan ke 2 setelah penyakit mata katarak.Dengan hal ini berarti glaukoma ini harus membutuhkan perhatian dan penanganan yang sangat serius dan jangan sampai membiarkannya dengan begitu saja.Lantas apa sebenernya glaukoma ini ?

17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma

17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma,-Glaukoma merupakan suatu kelainan pada mata yang dimana ditandai dengan meningkatnya tekanan di dalam bola mata yang disertai dengan adanya pencekungan diskus optikus dan pengecilan lapang pandang.Penyebab utama dari glaukoma ini adalah karena tekanan di dalam mata akibat dari adanya produksi cairan mata yang berlebihan,maupun akibat dari terhalangnya saluran pembuangan dari cairan tersebut.Nah berikut ini ada beberpa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengobati glaukoma ini ,yakni sebagai berikut :

  • Cukupi Kebutuhan Zeaxanthin Dan Lutein
Lutein adalah zat karotenoid yang terdapat di dalam sayuran. Lutein memiliki antioksidan alami yang berguna untuk melindungi lensa dan retina. Demikian juga zeaxanthin, yang memiliki fungsi serupa. Perbanyak konsumsi kuning telur, kubis dan keluarganya. Akan lebih baik jika diolah dengan minyak zaitun, karena zat ini mudah larut dalam minyak sehat.

  • Perbanyak Asupan Betakaroten Dan Vitamin B2
Zat betakaroten banyak ditemukan pada buah berwarna kuning. Betakaroten berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Wortel mengandung betakaroten, dan lutein yang dapat mengatasi luka pada bagian mata. Ubi jalar juga mengandung betakaroten dan kalium yang baik untuk menjaga syaraf mata. Brokoli kaya akan vitamin B2 yang menjaga mata dari kepekaan terhadap cahaya, dan menjaga fungsi lensa mata. Baca juga: 13 Makanan yang menyehatkan mata.

  • Perbanyak Asupan Omega-3
Omega 3 merupakan asam lemak yang mampu untuk melindungi fungsi retina. Asam lemak ini dapat mencegah kerusakan pada lensa mata. Makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon dan kacang kenari.

  • Kurangi Minuman Yang Berkafein
Asupan kafein berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan tekanan pada syaraf mata. Kondisi ini pada akhirnya dapat merusak retina dan lensa mata.

  • Jangan Mengonsumsi Makanan Asin
Asupan garam secara berlebih dapat mengentalkan darah, sehingga jantung bekerja berat untuk mengedarkan darah. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di bagian mata mengalami tekanan kuat, yang akan meningkatkan risiko glaukoma.

  • Jangan Mengonsumsi Lemak Trans
Terlalu banyak asupan lemak trans dapat berisiko mengalami glaukoma. Lemak trans akan menganggu proses penyerapan omega 3 di dalam tubuh. Lemak trans sangat buruk untuk sistem lensa mata, terlebih didapat dari makanan yang digoreng dan dibakar.

  • Jauhi Makanan Yang Dapat Menimbulkan Alergi
Makanan penyebab alergi dapat mengakibatkan tekanan kuat pada bagian mata. Tekanan ini muncul reaksi untuk menolak makanan tersebut. Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan glaukoma.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Cara Paling Jitu Mengobati Glaukoma Tanpa Operasi

  • Menjaga Kestabilan Kadar Gula Dalam Darah
Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengganggu retina dan lensa mata. Hal ini disebabkan oleh produksi insulin tidak memadai untuk memecah gula tersebut. Gejalanya seperti pandangan kabur, mual, pusing, dan sangat peka terhadap cahaya. Hindari makanan yang memiliki karbohidrat komplek, dan makanan manis.

  • Menggunakan Kaca Mata Khusus
Untuk mencegah risiko cedera mata, lindungi mata dengan memakai kacamata khusus dari zat asing. Hal ini terutama bagi seseorang dengan pekerjaan tertentu.

  • Berolahragalah Degan Teratur
Lakukan olahraga ringan dengan teratur dan rutin, untuk mencegah tekanan pada mata secara berlebihan. Apalagi bagi anda yang sering menatap layar monitor dalam durasi panjang. Olahraga teratur dapat mencegah glaukoma akibat metabolisme buruk yang memicu diabetes dan tekanan darah tinggi.

  • Hindari Untuk Minum Banyak Sekaligus
Minumlah air, sedikit demi sedikit. Minum air berlebih dalam sekali waktu, dapat berakibat tekanan kuat pada saraf mata. Tekanan ini dapat menimbulkan masalah pada cekungan lensa mata. Bahkan dapat meningkatkan risiko glaukoma.

  • Menggunakan Kaca Mata Pelindung
Sinar UV yang berasal dari pancaran matahari dapat menyebabkan glaukoma, jika langsung terkena mata. Sinar ini mengakibatkan tekanan kuat pada kornea dan lensa mata. Gunakan kacamata anti UV atau hindari paparan sinar matahari secara langsung pada mata anda.

  • Periksa Mata Secara Rutin Dan Berkala
Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan sejak awal dan berkala. Jangan menunggu usia anda mencapai 40 tahun. Apalagi bagi seseorang dengan riwayat glaukoma pada keluarga, harus menemui dokter spesialis mata dengan rutin.

  • Sebisa Mungkin Untuk Menghindari Stres
Tekanan pada lensa mata akan menjadi lebih kuat akibat depresi dan stres. Jika masalahini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat berakibat glaukoma.

  • Menjaga Pola Istirahat Mata
Mata akan mengalami kelelahan jika digunakan untuk menatap layar monitor, atau menyetir dalam durasi panjang. Mata lelah yang dipaksa untuk fokus, menyebakan tekanan pada lensa. Cobalah senam mata, dengan mengedipkan kelopak mata berulang-ulang. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, untuk meningkatkan cairan pada mata. Pejamkan mata selama semenit, kemudian buka lagi. Gerakan mata ini akan membuat otot mata lebih rileks.

  • Gunakan Mentimun Untuk Menenangkan Mata
Aplikasikan irisan mentimun pada mata, dalam keadaan terpejam. Mentimun mampu memberikan efek dingin dan segar untuk membuat mata lebih santai, dan mencegah kekeringan.

  • Menjaga Jarak Pandang Pada Monitor Telivisi,Komputer Dan Gadget
Jika anda sering berlama-lama dalam menatap layar komputer, sebaiknya jaga jarak pandang sekitar 30 cm dari mata anda. Tindakan ini untuk mencegah mata kering. Gunakan antiradiasi pada layar komputer anda, untuk mencegah kelelahan pada mata.

Itulah sobat kesehatan semuanya tips-tips mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi glaukoma.Walau demikian ada baiknya kita untuk selalu menerapkan cara hidup sehat dan selalu mearawat mata dengan baik agar terhindar dari segala macam serangan penyakit pada mata.Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan membantu untuk kita semua dalam mencegah dan mengantisipasi penyakit glaukoma ini.Terimakasih atas kunjungannya dan simak terus informasi-informasi penting berikutnya.,-17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma


17 Tips Mudah Untuk Mencegah Dan Mengobati Mata Glaukoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar