Kamis, 12 Mei 2016

6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi

6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi,-Sering kali para penderita epilepsi mengalami kumat setiap saat dan mungkin tidak pada kondisi maupun tempat yang pas,hal ini karena untuk gejala saat mau terjadi tidak terlihat bahkan muncul secara tiba-tiba.Nah untuk itu pada kesempatan kali ini siteinfokesehatan.blogspot.co.id akan berbagi tips & informasi mengenai bagaimana cara menangani penderita epilepsi yang sedang kumat,dan berikut ini penjelasan selengkapnya.

6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi


6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi

6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi,-Epilepsi merupakan salah satu penyakit dengan serangan mendadak ketika kambuh,hal ini tentunya akan membuat para penderitanya dan orang-orang yang berada di sekitarnmya tidak akan mengetahui kapan dan bagaimana mereka akan kambuh,karena hal ini tidak jarang banyak orang yang merasa ketakutan ketika di hadapkan pada orang yang yang sedang kumat epilepsinya.Mungkin bagi pengidap epilepsi, kejang-kejang dapat timbul tanpa adanya gejala terlebih dahulu. Agar tak berakibat fatal, ada baiknya kita mengetahui langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan.Dikutip detikHealth dari CNN, Senin (31/8/2015), berikut 6 langkah pertolongan pertama bagi kejang karena epilepsi :


  • Jangan Panik
Menemukan atau berada di samping orang yang kejang-kejang memang sedikit menakutkan. Ketika hal ini terjadi, Anda tak boleh panik.Pastikan pasien tidak dalam posisi yang berbahaya, misalnya berada di tengah-tengah jalan atau di pinggir rel kereta. Tunggu hingga kejang-kejang berhenti dan tenangkan pasien serta orang di sekitar agar tidak ikut panik. Rata-rata kejang hanya terjadi selama beberapa menit.

  • Baringkan Pasien
Selanjutnya, baringkan pasien. Ada baiknya untuk memiringkan tubuh pasien ke satu sisi untuk membuat jalur pernapasannya lebih lebar.Letakkan kepalanya di bantal yang empuk dan rata. Jika tak ada bantal, Anda juga bisa menggunakan jaket atau tas. Jangan masukkan apapun ke dalam mulut pasien karena hal ini malah bisa membuatnya tersedak.

  • Bersihkan Area Sekitar
Jauhkan barang-barang yang tajam dan dapat menyebabkan cedera. Jika kejang terjadi di jalan raya, sebisa mungkin hindari barang-barang yang tidak perlu.Lepas kacamata jika pasien menggunakannya, serta kendurkan pakaian di sekitar area leher. Jangan tawarkan makanan, minuman atau obat apapun kepada pasien ketika kejang sedang terjadi.

Baca Juga Informasi Terkait Lainnya : Cara Paling Jitu Menyembuhkan Epilepsi

  • Hitung Lama Kejang
Perhatikan dengan baik lamanya kejang yang dialami pasien. Kejang-kejang normal karena epilepsi biasanya terjadi tak lebih dari tiga menit.Jika kejang terjadi lebih dari lima menit tanpa adanya tanda-tanda akan berhenti, segera hubungi nomor darurat. Kejang dalam waktu lama akan menyulitkan sistem pernapasan yang dapat menyebabkan kematian.

  • Cek Kesadaran Pasien
Setelah kejang-kejang berhenti, segera cek kesadaran pasien. Tanyakan keadaannya atau apakah ada anggota tubuh yang terasa sakit atau nyeri.Tanyakan juga nama, alamat, dan apakah mereka mengingat hari apa sekarang dan di mana ia berada. Jika pasien menunjukkan gejala gelisah atau lupa, tenangkan ia dan segera panggil nomor darurat.

  • Jangan Asal Panggil Ambulans
Tidak semua kejadian kejang-kejang perlu mendapat perawatan dari tim medis. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja kriteria yang harus dipenuhi untuk memanggil nomor darurat.Panggil nomor darurat jika kejang terjadi saat berenang, terjadi lebih dari limat, mengalami cedera atau kesulitan bernapas usai kejang, kejang-kejang selama beberapa kali berturut-turut dan tidak sadarkan diri usai kejang.

Sobat kesehatan semuanya itulah beberpa langkah yang bisa kita lakukan ketika dihadapkan dengan orang sedang mengalami kambuh kejang akibat epilepsi,meskipun memang kondisi ini sepertinya akan sangat menegangkan dan juga memiliki resiko yang cukup tinggi bagi si pasien akan tetapi dengan kita bisa memberikan pertolongan pertama yang sesuai makan malasah ini bisa teratasi dengan baik.,-6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi


6 Pertolongan Pertama Pada Penderita Kejang Epilepsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar