Jumat, 10 Juni 2016

8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Selamat datang kembali di halaman blog resmi kumpulan informasi kesehatan dan kecantikan terkini,terupdate dan terbaru siteinfokesehatan.blogspot.com.Kami memberikan informasi yang terbaik kepada anda untuk menambah wawasan pengetahuan tentang berbagai macam hal yang berbau kesehatan dan kecantikan yang mungkin belum anda ketahui.Nah pada kesemapatan kali ini kami akan berbagi informasi kepada anda mengenai 8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung.Apa sajakah itu ? simak ulasannya berikut ini.

8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung


8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung
8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung ,-Jantung merupakan salah satu organ paling penting bagi manusia,dan bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan manusia.Mengapa tidak,karena jantung sendiri sangat berperan aktif dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh dan juga sebagai penggerak bagi organ-organ tubuh.Untuk itu jantung sering kali mengalami berbagai macam gangguan,baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Seperti salah satunya jantung sering kali di dera penyakit yang memang seakan penyakit yang menyerang pada jantung ini cukup berat dan perlu membutuhkan penanganan dan pengobatan yang sangat intensif,banyak sekali jenis penyakit yang menyerang jantung ini seperti misalnya jantung koroner,jantung berlemak,jantung iskemik,jantung bocor,jantung rematik,gagal jantung dan lainnya.,-8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung  Kesemua penyakit ini memiliki tingkat resiko yang sangat berbahaya bagi ksehatan.Untuk itu cara yang paling tepat dalam menjaga kesehatan jantung ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya dalam segi makanan,nah berikut ini ada beberapa makanan sehat bagi para penderita penyakit jantung :

  • Kacang
Perbanyak makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Di samping itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

  • Biji-Bijian Utuh
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

  • Buah Apel
Menurut satu penelitian, mengonsumsi satu hingga dua apel per hari kemungkinan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu quercetin dan pektin.Quercetin adalah senyawa yang mampu mencegah peradangan dan asma, serta diduga mampu mencegah kanker. Sedangkan pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah. Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kepastian dampak apel pada jantung, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini.

  • Bawang
Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung karena makin banyak konsumsi garam, maka makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.Batas asupan garam harian adalah tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000-2400 mg natrium per hari. Sedangkan bagi orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi natrium maksimal adalah 1.500 mg.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Cara Jitu Mengobati Jantung Rematik

  • Buah Anggur
Buah anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena buah anggur mengandung serat dan senyawa quercetin. Quercetin tampak bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Walau efek anggur pada kesehatan jantung masih perlu diteliti secara lebih menyeluruh, Anda bisa mencoba memasukkan anggur sebagai salah satu pilihan buah sehari-hari.

  • Kubis
Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, dan zat besi. Oleh karenanya, Anda dapat menambahkan kubis ke dalam salad atau menu sayuran Anda.

  • Buah Beri
Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. Buah beri yang kaya akan serat dan antioxidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes. Penelitian mengenai efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.

  • Teh Hijau
Teh merupakan salah satu minuman favorit, terlebih karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian yang menemukan keterkaitan antara meminum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian di Jepang, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Sebenarnya menjaga kesehatan jantung ini sangatlah mudah apabila dilakukan dengan sepenuh hati,dan untuk diingat jangan pernah untuk melakukan maupun menggonsumsi makanan yang tidak sehat bagi jantung seperti salah satunya merokok,meminum alkohol dan terlalu banyak meminum kafein.Untuk itu mulai dari sekarang terapkan pola hidup sehat dengan cara meningkatkan berolahraga,menjaga asupan makananan dan minuman dengan baik serta melakukan aktifitas yang bermanfaat.Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kita semua untuk senantiasa menjaga dan melindungi kesehatan jantung dengan sebaik-baiknya.Terimakasih Atas Kunjungannya.,-8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung


8 Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar